Kamis, 05 April 2018

Uji Saliva Praktikum Biokimia 2

Agustina Nazara
Kamis, 5 April 2018

UJI SALIVA
   
      Saliva memiliki peranan penting dalam sistem pencernaan. Saliva membantu mempermudah menelan makanan dan tetap menjaga kelembaban rongga mulut. Saliva terdiri atas 99,5% air dan sisanya benda padat 0,3% zat organik (Musin, protein, ptialin / amilum)  dan 0,2% zat anorganik (Cl, S, dll). Musin berfungsi sebagai pelumas pada waktu mengunyah dan menelan makanan.
Uji saliva yang dilakukan pada praktikum ini uji musin dan uji biuret.

Alat dan bahan:

  1. Saliva 2-3 cc
  2. Asam asetat encer (5%) 
  3. Asam asetat pekat (25%) 
  4. Biuret (NaOH 1 cc dan CuSO4 1 cc) 
  5. Tabung reaksi
  6. Rak tabung reaksi 
  7. Pipet tetes 

Tata kerja:
  1. Masukkan saliva masing-masing kedalam tiga tabung reaksi, amati bentuk fisik awal
  2. Uji musin: 
  • Tabung I: Saliva + asam asetat encer (5%) 
  • Tabung II: Saliva + asam asetat pekat (25%) 
 3. Uji biuret:
      Saliva + NaOH 1 cc + CuSO4 1 cc

Hasil Percobaan
  1. Tabung I: Saliva + asam asetat encer (5%) 
      Bentuk fisik saliva awal yaitu larutan cair dan keruh. Bentuk akhir setelah ditambah larutan asam asetat yaitu terdapat gumpalan putih dan larutan keruh. 

 2. Tabung II: saliva + asam asetat pekat (25%) 
     Bentuk fisik akhir larutan lebih encer, warna lebih bening dan gumpalan menghilang.

 3. Tabung III (uji biuret) : saliva + NaOH 1 cc + CuSO4 1 cc 
     Bentuk fisik akhir yaitu gumpalan berwarna biru hingga ungu yang menyebar

Pembahasan 

1. Uji Asam asetat encer dan pekat

    Asam asetat berfungsi mengendapkan musim yang terdapat dalam saliva dan mengubah struktur dari protein pada saliva, sehingga terjadi denaturasi yang menyebabkan penggumpalan protein. 
  • Saliva + asam asetat encer (5%)  
     Uji ini menghasilkan larutan seperti gel/gumpalan atau yang dikenal dengan musin. Hal ini terjadi karena adanya koagulasi dari molekul-molekul yang berupa protein (misalnya enzim amilase) yang terkandung dalam saliva (Simanjuntak, 2003).  Adanya gumpalan putih menunjukkan hasil positif yang artinya saliva tersebut mengandung protein. Hal ini karena saliva mengandung enzim amilase yang merupakan protein dan musin yang merupakan suatu glikoprotein.

  • Saliva + Asam asetat pekat (25%) 
      Dari percobaan yang dilakukan, didapatkan hasil yang negatif, hal ini karena saliva yang digunakan saat pengeksresian saliva dibantu dengan asam cuka encer makan, dan saliva pun tidak mengandung musin lagi. 

2. Uji Biuret
      Saliva + NaOH 1 cc + CUSO4 1 cc

      Uji biuret dilakukan untuk mengetahui keberadaan gugus amida pada larutan yang diuji (saliva). Dalam suasana basa (penambahan NaOH) Cu2+ akan bereaksi dengan gugus -CO dan -NH2 pada asam amino dalam protein sehingga membentuk suatu kompleks berwarna. Pada uji biuret ini, reagen yang digunakan yaitu NaOH dan CuSO4. CuSO4 berfungsi sebagai penyedia ion Cu2+ yang akan membentuk kompleks protein, sedangkan NaOH berfungsi untuk menyediakan basa. Suasana basa membantu membentuk Cu(OH)2 yang akan menjadi Cu2+ dan 2OH-. Dari uji yang dilakukan, didapatkan hasil yang positif ditunjukkan dengan adanya endapan biru tua-keunguan yang berarti dalam saliva ada protein. 

Kesimpulan:

  1. Pada uji saliva menggunakan asam asetat encer didapatkan hasil positif dengan adanya gumpalan putih yang menunjukkan bahwa saliva mengandung protein. 
  2. Pada uji saliva menggunakan asam asetat pekat didapatkan hasil negatif karena saliva dibantu dengan asam cuka encer makan sehingga musin tidak ada lagi. 
  3. Pada uji biuret didapatkan hasil positif yang menunjukkan adanya gugus amida ditandai dengan adanya endapan bewarna biru tua yang berarti ion Cu2+ membentuk suatu kompleks berwarna.  



Daftar Pustaka 

Samosir, Hartina. 2015."Praktikum Biokimia 2 'Sifat Biokimia Saliva". 7 Maret 2015 ( hartinasamo.blogspot.co.id/2015/03/praktikum-biokimia-2-sifat-biokimia.html?m=1 diakses 5 April 2018). 


Simanjuntak, MT dan J. silalahi. 2003. "Praktikum Biokimia". ( http:/library.usu.ac.id/download/fmipa/farmasi-mtsim2.pdf).

Denpasar,  Bali. 
Thank you☺  

     
      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar